Semua tentang menjahit dan apa yang menarik disekitarku..

Rabu, 10 Juli 2013

Tips membuat sudut pada kerah kemeja

Kerah kemeja, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Namun aku tidak akan membahas mengenai jenisnya ataupun cara menggambarnya. Aku hanya akan memberikan tips yang aku dapat dari guruku ketika mengerjakan kerah ini terutama dibagian sudutnya.
Yuk disimak ya..

Setelah pola sudah digambar, potong staplek (pengeras) dan disetrika dikain. Kemudian ambil yang bagian atas (yang ada sudutnya)
 Jahit dengan menemukan bagian bagus kain, jahit mengikuti batas staplek dengan kain (ingat jangan sampai stpleknya terjahit)
 Kemudian, sebelum sampai bagian sudutnya sisipkan benang ( disarankan benang yang digunakan tipis namun kuat tapi bisa saja menggunakan benang biasa namun 2 lapis) ujung yang satu (benang tadi) berada didalam kerah sedangkan yang satunya lagi ada diluar. Pastikan benang ini tepat berada diujung sudut y..
 Saat menjahit pastikan benang tadi ikut terjahit juga, kemudian jahit mundur dan maju lagi tujuannya untuk mengunci posisi benang. Setelah sampai di ujung sudut lagi masukkan sisi benang yang ada diluar itu kedalam kerah.
 Teruskan jahit hingga sudut yang satunya lagi, kerjakan hal yang sama
 Setelah selesai kampuhnya bisa di 'cekris' atau potong kecil2 tapi jangan sampai memotong jahitannya


 Balik sambil memegang kedua ujung benang, tarik perlahan benang tersebut
 Jadi deh,,,tinggal dipotong saja benangnya..mudah kan
Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...