Semua tentang menjahit dan apa yang menarik disekitarku..

Kamis, 14 Februari 2013

Berbagi tuto

 Selamat malam semuanyaaaa.....

Setelah lumayan lama aku berleha-leha, kembali saatnya mengerjakan orderan (wah lumayan banyak juga). Saat merasa jenuh sumpek, mau tahu apa yang kupikirkan supaya kembali bersemangat??? Hayoo,,,gak ada yang tahu ya,,,yang kupikirkan adalah nominal yang akan ku dapat setelah pekerjaan ini selesai (manusiawi banget ya) :-)

Kali ini aku mengerjakan orderan dari mama Rafli (lagi), orderan kali ini lumayan banyak. Ada beberapa potong sackdress dan rok. Berhubung aku ingat aku ingin berbagi sedikit ilmu yang aku punya dalam proses pembuatan rok yang menggunakan puring. Awalnya aku juga merasa kesulitan, berhubung pada saat kursus beberapa waktu lalu aku tidak pernah belajar yang ini. Mau tanya ibu Dessy ya gak mungkin lah lewat telepone. Akhirnya bermodal contoh rok mama Rafli, stelah ku bolak balik melihatnya akhirnya aku bisa (mudah-mudahan caranya tidak salah).

Setelah kain dipotong sesuai pola yang diinginkan. Pasang resleting kemudian sisakan untuk belahan bawah (jika ada). Kemudian potong juga kain puring, jahit dan sisakan untuk resleting (lihat gbr 1 dan 2)
 3,4 letakkan kain puring diatas kain utama, beri pentul agar tidak bergeser. Kemudian dibagian restl ditekan-tekan atau diberi kapur agar memudahkan pada saat menjahit.Kalau belum mahir sebaiknya dijelujur terlebih dahulu.


 5. Hanya satu sisi yg dijahit kemudian sisi satunya lagi dipotong menyerong (ingat ujung dari potongan ini harus sejajar dengan jahitan yang disebelahnya)terlebih dahulu baru dijahit (gbr 7,8)
6. Pastikan rest ikut terjahit, namun bila kesusahan menjahit lewat dalam bisa juga dijahit dari atas / luar


 7. Kerjakan sisi yang satunya, potong menyerong terlebih dahulu

 8 .
(lihat anak panah) tampak kain yang dipotong secara serong tadi
9. tampak potongan dari luar


10.jahit dibagian belakang (jahit yg ada garis samar2)
11. setelah kedua sisi sudah dijahit, kemudian baru dijahit yang bagian bawah (yg dilingkari)

 14. 15.Bagian bawah yg harus dijahit, ingat hanyasepanjang garis putus2 tersebut. Kalau lebih maka akan mengenai kain utama.
Sudah selesai....agak ngawur ya penjelasannya. Semoga gambarnya bisa" berbicara"

*****

Kalian tentu pernah melihat belahan jas yg terdapat dibagian belakang. Karena rok yang ku kerjakan ini juga terdapat belahan seperti itu. Oleh sebab itu aku juga akan membagikan tutonya (mudah2an bisa dipahami yaa)

Yang harus dilakukan pertama kali setelah resleting terpasang adalah tentukan berapa panjang belahan yang diinginkan. Setelah itu potong salah satu sisinya, sebelum memotong pastikan belahan yang menutup disebelah mana. Kalau aku biasanya untuk perempuan bagian yang menutup adalah disebelah kanan (posisi rok berada dibelakang). Jadi pada saat dibalik (gbr 1) yang dipotong sebelah kanan. Ingat memotongnya harus lebih tinggi kira2 1cm dari panjang belahan tadi. Oh iya aku lupa,,kampuh yang biasa kugunakan untuk rok adalah 5cm. Setelah dipotong ukur berapa panjang dan lebarnya, kemudian potong kain yang sama sesuai ukuran belahan tadi. Bila kain tersebut tipis alangkah baiknya diberi pisilin terlebih dahulu. Setelah iti jahit dibaagian belahan yang dipotong tadi (gbr 1). Kemudian lipat (gbr2) beri pentul akar tidak bergeser posisinya.

Letakkan kain puring, potong menyudut (gbr3). Lipat potongan tadi kebagian dalam (gbr4)
 gbr5. pertama-tama jahit dari dalam yg bagian tengah dulu (garis warna putih), karena ini adalah yang bagian tersulit. Sebaiknya dijelujur terlebih dahulu, kemudian jahit yang dibagian kanan foto(garis warna hijau). Terakhir jahit sisi yangkiri.
 Traaaaa...sudah selesai...gampang aja kan????
Semoga berhasil.

Note: Ini adalah caraku, kalau ada cara lain yang lebih simpel mohon di share yaaa..
Ilmu yang dibagikan gak akan pernah habis kok..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...