Semua tentang menjahit dan apa yang menarik disekitarku..

Senin, 18 Februari 2013

Memasang kancing hak

Mumpung masih dalam moment hari berbagi aku juga pengen membagikan sedikit ilmu yabg aku punya tentang jahit menjahit.
Kali ini aku akan memberikan langkah2 dalam memasang kancing hak atau biasa juga disebut dengan kancing kait.
Kancing ini bisa kita temukan pada bagian belakang rok atau celana ( dibagian depan ya,,,). kancing terbagi atas dua jenis, dari segi bentuk hampir sama yang membedakan hanya cara pemasangannya saja.
Ada yang pemasangannya setelah ban rok selesai dikerjakan, baru dijahit dengan tusuk feston ( jahit menggunakan tangan).
 Kalau baru pertama kali menjahit, pastilah cara ini yang di anggap paling mudah (yang pasti aku dulu begitu,,hehehe nyari yang simpel aja). Namun menurut aku kancing hak yang ini mempunyai kelemahan yaitu hasil kaitan yang kurang kuat/cepat terlepas dari kaitannya.
Sedangkan kancing kait yang satunya lagu cara pemasangannya adalah dari dalam, maksudnya sebelum ban rok tersebut selesai.
Agak bingung penjelasannya??? Ya sudah ini langkah2nya..disimak yaa...

Pertama-tama siapkan bahan2 dibawah ini (kaya bikin kue aja y,,) Ingat celana atau rok nya harus sudah selesai ya..

Perhatikan dengan seksama gambar dibawah ini ya.. Itu adalah bagian sebelah kana dan kiri ban rok yang sudah diberi kain keras.
Ambil bagian rok yang sebelah kanan (pengait), kemudian beri tanda untuk memasukkan bagian yang lancip dari kancing hak tersebut, pastikan posisinya tepat ditengah ban rok.

 Kalau sudah terpasang berikut dengan bagian belakangnya, langkah selanjutnya adalah membengkokkan bagian yang lancip tadi dengan menggunakan tang
 Lipat dan jahit
 Setelah selesai sisi sebelah kanan, kerjakan lagi sisi sebelah kiri (kaitan). langkahnya hampir sama dengan yang pertama hanya saja yang harus diperhatikan adalah harus sejajar antara pengait dengan kaitan. Supaya hasilnya pas, cara yang biasa aku lakukan adalah dengan memberi kapur dibagian pengait kemudian aku tutup  resletingnya(menjiplak) dan aku letakkan pengait diatas kain (dengan kekuatan penuh kutekan-tekan *lebay*:-)   sehungga kapurnya menempel dibagian kaitan.
Setelah selesai (lihat gbr dibawah) jahit

 Taraaaa...jadi deh
ini adalah penampakan 'sang pengait'
(atas) 'sang terkait'

Mudah kaaaannn????
Aku yakin kalian pasti bisa.# ganbatte

Kalau aku sekarang lebih suka menggunakan kancing hak yang ini, selain lebih cepat pengerjaannya(menurutku) hasil 'kaitanya' juga lebih rapat, gak gampang lepas. Mengapa aku bilang lebih cepat pengerjaannya karena prosesnya sebelum ban selesai setelah itu tinggal jahit pakai mesin. Jadi deh. Tanpa ada cerita jahit pakai tangan soalnya aku sering ketusuk jarum, mungkin karena tebal yaa..

Jadi kalian lebih memilih yang mana..???


2 komentar:

  1. Sip, infonya ngebantu banget, awalnya gak terpikir blas, #beginnerBanget :P

    salam hikarianna FD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...