Semua tentang menjahit dan apa yang menarik disekitarku..

Sabtu, 23 Februari 2013

Memasang resleting Jepang

enSaat ini entah mengapa aku kerajingan pengen bikin tuto terus. Mengapa yaa??
Hmm,,,mungkin karena berdasarkan pengalamanku sendiri ketika aku belum bisa atau belum tahu bagaimana caranya dalam hal ini tentu saja tentang menjahit. Oleh sebab itu tergetuklah hatiku (lebay yaa) untuk membuat tuto yang mungkin saja bermanfaat bagi orang lain.
Pastinya tutonya yang masih sederhana (berhubung aku bisanya itu doang,,hehe). Namun kelemahanku adalah dalam hal mendeskripsikan tuto itu sendiri, aku sering bingung bagaimana cara mengungkapkannya.

Selain itu masalah yang kutemui adalah waktu. Niatnya pengen berbagi-bagi apa yang aku bisa namun karena kesibukanku, ya..jadinya hanya sebatas angan saja. Oh iya,,aku baru saja beli alat buat bikin kancing bungkus,,ntar deh kalau ada waktu luang aku mau bikin tutonya (insya Allah)

Kali ini aku mau memberikan tuto cara memasang resleting Jepang.

(Gbr kiri) inilah sepatu khusus untuk memasang resleting Jepang bahannya dari plastik harganya ditempatku sekita Rp.5000. Setahuku ada jenis lain yaitu dari besi, namun aku tidak punya sampelnya dan menurutku ini sudah nyaman digunakan. Oh iya,,ini sepatu Jepang buat mesin biasa yaa (iya,mesin jadul) berhubung aku masih stia sama mesin itu (setia apa gak cukup dana buat beli yang portabel yaa,,hikshiks).
(Gbr kanan)Beri tanda sepanjang resleting tersebut dikain namun harus dinaikkan kira2-kira 2cm dari batas akhir maksimal ketika resleting tersebut dibuka (biasanya ditandai dengan adanya besi). Tujuannya adalah ketika resleting sudah terpasang tidak ada lubang (celah) dibagian ujung bawah resleting itu.



Setelah itu dijelujur ya,,ingat jangan sampai terbalik. Kalau baru pertama kali mengerjakannya sebaiknya dijelujur terlebih dahulu kalau tidak (cuma pakai pentul) si resleting akan menggeser, dan akhirnya akan tinggi sebelah. Walaupun sudah sering memasang resleting ini tapi aku selalu dijelujur terlebih dahulu.

Perhatikan gambar secara seksama ya,,jangan sampai terbalik.
Eits,,ternyata aku salah tulis tuh..tulisan "bagian kanan rok" diganti dengan "bagian kiri rok" ya dan sebaliknya. Pokoknya posisinya seperti saat kamu melihat gambar ini.

Selesai...

Dan inilah penampakan secara keseluruhan, baju ala Syahrini apa Ashanty ya?? baju ini juga yang membuat aku galau waktu itu. Ternyata eh ternyata si empunya minta yang gak terlalu lebar untuk bagian bawah baju itu, berarti itukan mestinya menggunakan pola 1/2 lingkaran. Yaaahhh...aku cuma bilang "sudah dipotong bu". Si empunya telat sih ngomongnya,,bukan salahku ya soalnya aku cuma diberi gambar model yang diinginkan dan ku lihat disana modelnya lebar. ehhhmm nasi sudah menjadi bubur, gak bisa dirubah lagi. maaf ya bu..

3 komentar:

  1. hi mba helda, nemu blog ini dr forum FD,
    bagus deh hasil jaitan nya, kalaw aku masih newbie bgt :) btw una itu nama siapanya mba helda? sama kaya panggilan anakku soalnya :p

    BalasHapus
  2. Hi mba helda, abis dari forum FD jadi ngintip kesini :) bagus deh hasil jahitnya kalau aku masih newbie banget, btw una itu siapanya mba helda ya? sama kaya nama panggilan anakku soalnya :p

    BalasHapus
  3. hai juga mb rynz. slm kenal sebelumnya. .

    Wah terimakasih sudah nengok blog sy.,terimakasih juga pujiannya :-) xixixi. Sama aja mb, sy juga dulu gitu kadang salah potong (xixi) Tapi klo terus berlatih lama2 juga akan bisa..

    Una itu anak tetangga saya mb..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...